Sabtu, 10 November 2018

JENIS KERTAS STIKER YANG PALING SERING DIGUNAKAN

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

-Pendahuluan-
   Halo teman-teman pengunjung blog saya, kali ini saya akan memposting tentang jenis kertas stiker yang paling sering digunakan.

-Pengertian-
   Stiker adalah media promosi yang aplikasinya ditempelkan pada produk sebagai identitas sebuah merk agar mudah dikenali oleh target market dan membedakan dengan pesaing. 

-Latar Belakang-
   Jenis kertas stiker memang cukup beragam yang bisa dipilih sesuai dengan budget dan jenis stiker yang akan dicetak. Seperti yang telah diketahui, stiker memiliki ciri khas yaitu berupa kertas yang memiliki perekat dan dibagian baliknya terdapat desain berupa tulisan atau gambar. Saat ini fungsi stiker juga semakin beragam salah satunya sebagai media promosi perusahaan atau merek agar semakin dikenal masyarakat.
   Bahkan produk-produk yang kemasannya memiliki stiker akan tampak lebih berkualitas dan terpercaya dimata para konsumen sehingga tak heran jika kini perusahaan berupa membuat stiker semenarik mungkin. Tak hanya sekedar di tempelkan saja, dengan membaca stiker tersebut terdapat informasi seputar produk atau mereka perusahaan sehingga bisa menjadi sarana promosi yang efektif.

-Maksud dan Tujuan-
   Mengetahui jenis-jenis kertas stiker

-Pembahasan-
   Berikut berbagai jenis kertas stiker yang sering digunakan untuk berbagai macam kebutuhan:

1. Vinyl
   Kertas vinyl adalah kertas yang dibuat dari bahan plastik yang lentur atau disebut vinyl. Menggunakan kertas vinyl sebagai bahan pembuatan stiker akan membuat stiker menjadi lebih tahan lama serta tampak lebih berkualitas. Selain itu bahan kertas stiker ini juga tahan terhadap berbagai cuaca, sehingga tidak masalah jika nantinya stiker tersebut dipasang diluar ruangan. Tetapi dalam proses mencetak stiker dari kertas vinyl hanya bisa dicetak dengan menggunakan laserjet print dan tidak dapat dicetak menggunakan inkjet. Ciri utama yang bisa dilihat dari kertas vinyl ini adalah permukaanya yang glossy dan sangat cocok untuk stiker outdoor.

2. Bontak/Bontax
   Jenis kertas stiker yang satu ini sekilas tampak seperti kertas biasa tetapi ternyata kertas ini memiliki daya rekat yang sangat kuat. Biasanya stiker yang menggunakan kertas bontak ini dijadikan sebagai label kemasan produk karena tidak mudah lepas setelah dipasang. Kertas bontak biasanya akan dicetak menggunakan printer inkjet lalu bisa juga ditambahkan laminasi agar daya tahannya semakin bagus.

3. Chrome
   Untuk jenis kertas stiker chrome memiliki ciri khas terdapat glitter dilapisan kertasnya. Pastinya kertas ini akan tampak berkilauan. Tetapi kertas jenis ini tidak bisa di print sehingga penggunaanya pada kendaraan untuk melindungi kendaraan dari gesekan secara langsung.

4. HVS
   Sesuai dengan namanya, jenis kertas stiker yang satu ini mempunyai ukuran sama seperti kertas HVS dan banyak ditemukan di toko-toko buku. Kertas stiker yang satu ini bisa dicetak menggunakan printer biasa sehingga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencoba mencetak stiker sendiri di rumah atau kantor. Jenis kertas ini biasanya memiliki daya tahan rekat yang terbatas serta pada bagian lemnya juga mudah mengelupas. Kebanyakan perusahaan menggunakan stiker dari kertas HVS ini untuk souvenir saja karena daya rekatnya yang tidak terlalu kuat.

5. Chromo
   Kertas stiker yang satu ini memiliki permukaan yang licin sehingga sangat bagus digunakan untuk cetak separasi. Selain itu daya rekat stiker chromo juga sangat bagus sehingga bisa digunakan sebagai label kemasan, stiker pilkada dan stiker promosi. Tetapi stiker dari kertas chromo ini akan mudah luntur jika terkena air hujan sehingga kurang tepat jika nantinya akan ditempel di luar ruangan.

6. Yupo
   Jenis kertas stiker yang satu ini dibuat dari bahan sintetis dan memiliki daya tahan yang bagus terhadap air, bahan kimia, dan minyak. Dengan keunggulan tersebut pastinya kertas yupo ini sangat cocok digunakan sebagai stiker label produk, brosur, atau barcode.

8. Gold Foil
   Jenis kertas untuk stiker yang satu ini memiliki ciri khas berwarna emas serta berbentuk tipis tetapi kuat. Berbeda dengan jenis kertas untuk cetak stiker lainnya, kertas stiker yang satu ini memiliki perekat yang tidak bergabung dengan kertas stiker. Biasanya kertas ini digunakan agar obyek yang dibuat bisa berwarna keemasan dan sering digunakan sebagai hiasan bangunan.

-Kesimpulan-
   Melalui penjelasan diatas dapat diketahui bahwa stiker memiliki media cetak yang beragam. Dimana masing-masing jenis kertas stiker tersebut memiliki ciri khas serta keunggulan yang berbeda sehingga nantinya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki.

-Referensi-

-Penutup-
   Sekian dari postingan saya kali ini apabila terdapat kesalahan atau kekurangan kata saya mohon maaf, semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 
 

1 komentar: