Kamis, 26 Juli 2018

APLIKASI EDITING VIDEO BERBASIS LINUX DAN CARA MENGINSTALLNYA


-Pengertian-
Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna. Linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Open source adalahsistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).

-Maksud dan tujuan-
Setelah membaca artikel ini, kita akan mengetahui aplikasi edit video apa saja yang terdapat di linux.

-Pokok Pembahasan-
Pada zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang memilih menggunakan linux sebagai sistem operasi di komputer atau laptopnya karena linux tergolong sistem operasi yang ringan dan mudah digunakan. Banyak juga bagi para editor-editor yang menggunakan linux membutuhkan aplikasi edit video ataupun audio untuk memenuhi pekerjaannya, tugasnya, atau sekedar hobi saja. Berikut ini akan saya bagikan tentang aplikasi edit video dan audio yang terdapat di linux. Selamat membaca, good reader!

-Aplikasi edit video
1. Lightworks
Lightworks merupakan salah satu video editor terbaik yang mendapatkan penghargaan. Aplikasi ini ternyata sudah ada dan digunakan oleh profesional dalam industri film sejak awal 1990an. Lightworks versi pro telah digunakan oleh profesional untuk menciptakan film-film besar seperti Pulp Fiction, Heat, Hugo, The King’s Speech, dan lain-lain. Jadi kemampuannya tak diragukan lagi.
Aplikasi ini bisa diunduh di www.lwks.com. Setelah mengunduh dan menginstalnya maka kita bisa langsung membuka aplikasi ini.

2.Kdenlive
Kdenlive merupakan video editor di GNU/Linux yang memiliki fitur cukup lengkap. Jika anda yang terbiasa dengan Adobe Premiere di lingkungan Windows atau Macinthos, di sini penggunaan Kdenlive tidak jauh berbeda dengan yang ada di Adobe Premiere. Mulai dari memasukkan video atau gambar, dan juga audionya, hampir sama dengan yang ada di Adobe Premiere selama ini.Kdenlive merupakan free software (perangkat lunak bebas) sebagai video editor yang tersedia untuk GNU/Linux. Kdenlive dikembangkan oleh organisasi, dan bisa anda download di kdenlive.org atau jika anda menggunakan ubuntu atau turunan debian lainnya, anda bisa langsung install menggunakan perintah :
sudo apt-get install kdenlive

3. Openshot
OpenShot merupakan proyek perangkat lunak open source di bidang multimedia yang dikembangkan oleh Jonathan Thomas dan tim mulai tahun 2008. Perangkat lunak open source ini disediakan untuk berbagai macam distribusi (distro) Linux dan saat ini sudah dipaketkan di setiap repository. Cara install openshot melalui terminal dengan perintah PPA yaitu :

sudo add-apt-repository ppa:openshot.developers/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install openshot openshot-doc


4. Flowblade Movie Editor
Flowblade adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk memberikan yang cepat, Pengalaman yang tepat dan kuat editing, memanfaatkan model insert editing film gaya seperti alur kerja. Menawarkan alat editing dasar, termasuk 3 alat bergerak, 3 alat langsing, dan 4 metode untuk menambahkan / menambahkan klip ke timeline. Cara install flowblade menggunakan terminal :
sudo apt-get update
sudo apt-get install flowblade
5. Cinelerra
 
Cinelerra telah dikembangkan dari tahun 1998 dan kini telah mencapai versi 6. Menurut ifnromasi yang ditampilkan di website resminya, Cinelerra telah di unduh sebanyak 5 juta kali. Sama seperti Lightworks, Cinelerra juga aplikasi editing video untuk film.
Terdapat banyak sekali tools yang berguna untuk membuat film kamu menjadi lebih menarik seperti efek-efek, menu edit, pemberian teks, dan masih banyak lagi. Cara menginstall cinelerra melalui terminal yaitu :
sudo add-apt-repository ppa:cinelerra-ppa/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install cinelerra-cv

Sekian dari blog saya kali ini, apabila terdapat kekurangan dan kesalahan, saya mohon maaf. Karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.




1 komentar: