Sabtu, 21 Juli 2018

SHARING PENGALAMAN HARI PERTAMA MAGANG







Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Perkenalkan, nama saya Munifah Ajrina. Ini adalah postingan blog kedua saya. Pada postingan kali ini, saya akan membagikan tentang pengalaman hari pertama saya magang di BLC Telkom Klaten.
Tetapi sebelumnya saya akan sedikit membagikan tentang BLC Telkom Klaten, selamat membaca!
-Pengertian-

   Pembentukan Broadband Learning Center (BLC) Telkom Klaten Berawal dari Nota Kesepahaman Antara Pemerintah Kabupaten Klaten dan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk dan Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Klaten yang memiliki yang memiliki 3 point penting akan kerjasama dalam pengembangan dan Implementasi Klaten GO ONLINE salah satunya adalah Pengelolaan Broadband Learning Center (BLC) sebagai wahana meningkatkan pengetahuan dan keahlian Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintahan dan masyarakat di Bidang IT.

-Latar Belakang-
  
   Kondisi Internet saat ini sama seperti itu, oleh karenanya hati nurani saya tergerak untuk memberikan edukasi TI kepada masyarakat penggunaan Internet Sehat dan Aman dalam program Broadband Learning Center (BLC) Klaten dan saya menekankan kepada siapapun yang masuk menjadi komunitas BLC untuk dilatih dan menjadi bagian dari aktifitas BLC untuk berkomitmen tidak melihat segala sesuatunya dari sisi materi namun bagaimana menjadi diri sendiri memiliki integritas dan kepribadian serta mengembangkan potensinya masing-masing." Ujar Koordinator BLC Telkom Klaten yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah Suro Dhemit.


  Dibawah ini adalah beberapa foto dokumentasi pengesahan BLC Telkom Klaten


   BLC Telkom Klaten yang beralamatkan Jl. Srigading No. 7 Klaten  diresmikan pada Hari Kamis, 16 Juli 2013 oleh Bupati Klaten H. Sunarna, SE adalah salah satu program dari Klaten GO ONLINE. Klaten GO ONLINE merupakan konsep Klaten menjadi sebuah wilayah yang memiliki koneksi terintegrasi dalam berbagai bidang sehingga memberikan dampak praktis dan efisien dalam pengelolaan sistem informasi wilayah.

Sekarang, BLC Telkom Klaten beralamatkan di Jl. Pemuda No. 140 Klaten, Klaten Tengah, Klaten 54711 (Kompleks Gedung Sunan Panandaran)

BLC Telkom Klaten memiliki Visi & Misi,  yaitu...


VISI

"Membentuk masyarakat peduli terhadap Teknologi
Informasi dan Komunikasi sehingga dapat di
terapkan sesuai dengan bidangnya"

 

MISI

"Memberikan pelatihan Teknologi Informasi dan
Komunikasi kepada masyarakat secara gratis"
 



   Dan BLC Telkom Klaten juga memiliki kelas pelatihannya, yaitu

Kelas Pelatihan

            BLC Telkom Klaten menawarkan 3 Kelas Pelatihan sesuai dengan tingkatan kebutuhan masyarakat yaitu :
  1. Kelas Basic (Dasar)                  : Pengenalan Internet sehat, Browsing dan searching serta E-mail
  2. Kelas Intermediate (Lanjutan)   : Internet sehat, Social Media Blogging dan
  3. Advantage (Mahir)                    : Open Source, Web Development dan Internet network


   Setelah anda mengetahui tentang BLC Telkom Klaten, kini saatnya saya membagikan pengalaman pertama saya di BLC Telkom Klaten ini.

Pada tanggal 21 Juli 2018, saya dijadwalkan bersama 3 teman saya yang lainnya yaitu Danu Harry Pratama (Multimedia), Danu Hamersat (Multimedia) dan Juli Saputri Caniago (Teknik Komputer dan Jaringan) di jadwalkan untuk memulai Praktik Kerja Lapangan (PKL) di BLC Telkom Klaten.
Saat pertama kali saya memasuki ruangan, saya tidak terlalu canggung karena saya bersama teman-teman saya dari daerah lain juga. Sebelum kegiatan dimulai, terlebih dahulu dilakukan kegiatan briefing untuk memberikan pengarahan. Setelah selesai briefing, kami pun masuk kembali keruangan magang dan melanjutkan aktifitas masing-masing.
Kemudian, beberapa menit sebelum kami istirahat sholat zuhur, kami disuruh maju untuk memperkenalkan diri kami. Kebetulan, kami perkenalan diri bersama dengan teman-teman dari Tasikmalaya. Selama perkenalan kami banyak di tanyakan mengenai multimedia, tkj, dan komputer sesuai jurusannya masing-masing. Setelah itu kami pun diperbolehkan kembali ke tempat duduk kami.

-Kesimpulan-

   Broadband Learning Center (BLC) Telkom Klaten yang bisa menjadi salah satu jawaban akan  kebutuhan masyarakat selama ini. Dimana BLC Telkom Klaten merupakan pusat pelatihan internet yang memanfaatkan Rumah Dinas Pemkab Klaten yang dimodifikasi dilengkapi dengan sarana komputer dan akses internet broadband dari Telkom didukung infastruktur pelatihan dari Kelompok Pecinta Linux Indonesia (KPLI) Klaten. Dimana masyarakat maupun pemerintahan dapat memanfaatkan BLC Telkom Klaten untuk meningkatkan pengetahuan internet dan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara gratis.

-Referensi-


sekian postingan blog saya, jika terdapat salah kata saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar