Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Halo,
teman-teman! Bertemu lagi di blog sederhana saya, di postingan yang
ketiga. Pada postingan blog saya kali ini, saya akan memposting
tentang; Apa itu multimedia?
->
Pengertian Multimedia menurut
bahasa
Multimedia berasal daripada kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi berarti banyak, dan media bererti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Jadi berdasarkan kata ‘multimedia’ dapat dirumuskan sedagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Tetapi, meskipun dapat diartikan seperti itu, pada dasarnya multimedia memiliki cakupan yang jauh lebih luas dari sekedar gabungan beberapa media. Berikut uraiannya
-> Pengertian Multimedia menurut para ahli
1.
Mc.Comick
(1996)
Menurut Mc. Comick, Multimedia merupakan gabungan
dari tiga buah elemen penting yang ada di dalamnya yaitu suara,
tulisan, dan gambar.
2. Robin dan Linda (2001)
Menurut Robin dan Linda,
Multimedia adalah sebuah alat yang dapat digunakan sebagai media
presentasi yang lebih interaktif dan dinamis dimana dalam media ini
penggunanya dapat mengkombinasikan berbagai macam data seperti teks,
grafik, video, animasi, dan juga audio.
3. Hofstekter (2001)
Menurut
Hostekter, Multimedia dalam konteks komputer merupakan pemanfaatan
komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar,
teks, grafik, dan audio dengan menggunakan perangkat lunak yang
memungkinkan penggunanya untuk bisa berkreasi, berinteraksi dan
berkomunikasi.
Menurut Turban, dkk, pengertian Multimedia
adalah kombinasi dari dua buah media berupa input dan output. Media
yang dikombinasikan dapat berupa audio, video, teks, gambar, grafik,
dan animasi.
-> Pengertian Multimeda menurut Istilah
Multimedia
dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk
membawa, menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi,
audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.
>Jenis-jenis
Multimedia
1. Multimedia
Hiperaktif
Multimedia
jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat
diarahkan oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen
multimedia yang ada. Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut
Multimedia Hiperaktif. Contoh: world wide web, web site, mobile
banking, Game on line, dll
2. Multimedia Interaktif
2. Multimedia Interaktif
Pengguna/
user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen
multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD
interaktif, apilkasi program, virtual reality,dll
3. Multimedia
Linear / Squential
Multimedia
Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis
ini bisa dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll.
sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia interaksi,
artinya ada interaksi antara media dengan pengguna media melalui
bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya. Multimedia linear
berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna. Penyajian
multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai
akhir. Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV
4. Multimedia
presentasi pembelajaran .
Multimedia
presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses
pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan.
Contohnya Microsoft Power Point.
5. Multimedia
pembelajaran mandiri.
Multimedia
pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat
dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia
pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge dan
tacit knowledge , mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan
simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya Macromedia
Authorware atau Adobe Flash.
6. Multimedia
kits
Multimedia
kits adalah kumpulan pengajaran ? bahan pembelajaran yang melibatkan
lebih dari satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal.
yang
termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM, slide, kaset, audio, Gambar diam,
study cetak ,Transparasi overhead. Keunggulan : multimedia kits
membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi
mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys
memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar
kelas(logiostik).
7. HYPERMEDIA
dokumen
berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam
komputer.
contohnya
adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
8. MEDIA
INTERAKTIF
Sistem
ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam
visual,suara,dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer
untuk tinjauan yang tidak tidak hanya melihat dan mendengar gambar
dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif.
Keunggulan:
beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar
dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
9. VIRTUAL
REALITAS
adalah
media yang dapat disulasiakn tempat di dunia nyata
Keunggulan:
untuk digunakan menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi umumnya
terkait dengan mendalam,sangat visual,3D lingkungan.
->
Tujuan Multimedia
Tujuan
multimedia yaitu untuk membuat komunikasi semakin baik. Komunikasi
antara pemakai dan komputer yaitu :
-Manusia
dan manusia (lewat komputer)
-Manusia
dan komputer
-Komputer
dan manusia
-Komputer
dan komputer
Sekian dari blog saya,
jika ada kekurangan saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr.
Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar