Selasa, 16 Oktober 2018

JENIS-JENIS LENSA KAMERA

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

-Pendahuluan-
Halo teman-teman semua! Berjumpa lagi di blog saya, kali ini saya akan memposting tentang jenis-jenis lensa pada kamera

-Pengertian-
Lensa adalah assesoris utama untuk menghasilkan sebuah foto.

-Latar Belakang-
Setiap tema dan obyek foto terkadang harus menggunakan lensa tertentu, seperti memotret serangga disarankan untuk menggunakan lensa makro, memotret pemandangan atau landscape disarankan menggunakan lensa wide, memotret candid disarankan menggunakan lensa zoom dan lain-lain.

-Maksud dan Tujuan-
Supaya mengetahui jenis-jenis lensa pada kamera dan fungsinya sehingga dapat menggunakannya sesuai objek yang akan dipotret

-Pembahasan-
Pada dasarnya lensa dibagi menjadi dua yaitu lensa manual dan lensa auto. Lensa manual menggunakan fokus yang diatur secara manual atau istilah lainnya tidak ada fitur auto fokus. Bila pada lensa auto, lensa akan menggerakkan diafragmanya untuk mengubah fokus secara otomatis, pada lensa manual fotografer yang harus bergerak untuk mendapatkan jarak yang tepat dalam menghasilkan fokus yang tajam.

Pada kamera non-SLR, lensa sudah menjadi satu bagian di dalam body kamera. Sehingga pemilihan lensa tidak lagi diperlukan. Sedangkan pada kamera SLR (bahkan sekarang prosumer), lensa merupakan bagian yang terpisah dari kamera, sehingga pemilihan lensa menjadi hal yang penting.

Jenis lensa yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah :
1) Lensa Kit
Lensa kit adalah lensa yang dijual sebagai satu paket dengan kamera. Lensa kit bisa dikatakan lensa normal karena bisa dipakai pada banyak keperluan pemotretan.
Ada tiga macam lensa kit yang biasa ditawarkan:
◦ Lensa 18-55mm
◦ Lensa 55-200mm
◦ Lensa 18-135mm

2) Lensa Fix
Lensa Fix adalah lensa yang focal length-nya dibuat tetap misalnya 35mm, 50mm atau 85mm. Lensa ini tidak mempunyai kemampuan zoom, sehingga pada pemakaiannya fotografer harus memperhatikan jarak antara obyek dan kamera.

3) Lensa zoom/tele

Lensa yang mempunyai focal length yang lebar seperti yang ada pada lensa kit 18-138mm. Kemampuan zoom digunakan untuk memotret obyek yang jaraknya jauh.
'
Contoh lensa zoom dan kemampuan memotretnya dari jarak jauh :

4) Lensa wide

Lensa wide mempunyai sudut yang lebar sehingga mampu memotret pada area yang lebih luas. Digunakan untuk memotret landscape. Biasanya memiliki focal length yang kecil

5) Lensa Fish eye

Lensa fisheye mempunyai sudut tembak yang sangat lebar, lebih lebar dari lensa wide. Akibat dari sudut tembak yang sangat lebar, garis horizontal akan terlihat melengkung.

6) Lensa Macro

Lensa makro adalah lensa yang digunakan untuk memotret pada jarak yang sangat kecil sehingga mampu menampilkan obyek kecil terlihat besar. Salah satu fitur lensa makro adalah local length yang sangat kecil dan diafragma (aperture) yang sangat besar seperti F/1.2 dan F/1.4.

-Kesimpulan-
Beberapa macam lensa yang banyak dipakai antara lain: lensa zoom, lensa fix, lensa macro, lensa wide, dan lensa fisheye.Tentunya lensa ini masing-masing memiliki fungsinya sesuai kebutuhan anda. Pilihlah lensa yang sesuai agar hasil foto memuaskan.

-Referensi-
Ebook Pertemuan 4 Fotografi oleh Achmad Basuki dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

-Penutup-
Sekian dari postingan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semua. Apabila terdapat kesalahan atau kekurangan kata ssaya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

1 komentar: