Senin, 15 Oktober 2018

SUDUT PENGAMBILAN GAMBAR (CAMERA ANGLE)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
 -Pendahuluan-
Haii teman-teman pengunjung blog saya dimanapun kalian berada, kali ini saya akan memposting tentang sudut pengambilan foto. Selamat membaca sampai akhir ya.
-Pengertian-
Fotografi (dari bahasa inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya.  

-Latar Belakang-
Salah satu cara yang dilakukan untuk menyampaikan pesan melalui penempatan kamera pada sudut dan ketinggian tertentu. Camera Angle (sudut pengambilan foto) bukan hanya masalah teknis semata, tetapi juga berbicara banyak hal dan menghasilkan nilai dramatik dalam sebuah pandangan yang dapat mempengaruhi emosi penonton.


-Maksud dan Tujuan-
Sudut pengambilan gambar digunakan untuk memperkuat kesan visual dari subyek yang ditampilkan. 

-Pembahasan-
Nah, sudut pengambilan gambar itu sendiri ada banyak jeninya. Berikut ini akan dijelaskan satu persatu.
1) Eye View (Sudut normal/normal angle)
Sudut pengambilan normal atau disebut juga Eye View adalah pengambilan sejajar dengan mata objek. Biasanya sudut ini digunakan untuk foto potret terhadap manusia. Terkadang, dalam travel fotografi pengambilan foto untuk mengabadikan aktivitas manusia, tekstur sebuah kota, atau interaksi dengan lingkungan sekitar kebanyakan menggunakan angle ini.

2) Low Angle (Sudut Rendah)
Low Angle merupakan teknik pengambilan gambar yang memposisikan kamera berada lebih rendah secara horisontal dari subyek yang akan dibidik. Pengambilan gambar dengan Low Angle biasa digunakan untuk memberi kesan lebih kuat, berkuasa, kokoh dan superior seperti bangunan akan terlihat megah dan kokoh, atau orang kelihatan berwibawa.
 
3) Frog Eye
Frog-Eye adalah salah satu sudut pengambilan rendah (low-angle) dengan meletakkan kamera sejajar dengan tanah/alas. Hal ini biasanya digunakan untuk memotret objek yang posisinya berada di atas tanah, atau memberi kesan ketinggian saat levitasi atau jump-shot.

4) High Angle
Sudut pengambilan tinggi (High angle) untuk lebih memperlihatkan kelebaran elemen-elemen pendukung obyek dalam sebuah frame. Kesan dari penggunaan sudut pengambilan foto ini akan memberikan kesan kecil atas objek foto. Pemanfaatan pengambilan foto dengan high angle juga bisa menghasilkan foto yang berbeda. Misalnya saat mengambil foto keramaian pasar, jalanan, atau lalu lintas di sebuah sungai. 


5) Bird Eye
Menggunakan sudut pengambilan ini, sebagai fotografer kita bisa memberikan kesan yang luas dalam foto yang kita hasilkan, ibarat penglihatan seekor burung. Memotret dengan sudut pengambilan ini digunakan untuk membuat foto tentang suatu daerah, perkotaan, atapun menggambarkan lanskap.
 

-Kesimpulan-
Sudut pengambilan foto dalam teknik fotografi sangatlah berguna agar foto yang kita sampaikan itu tersampaikan pesannya. Gunakanlah angle yang baik dan benar agar foto makin terlihat bagus dan bukan malah hancur

-Referensi-
PDF Pertemuan 9 Fotografi | Teknik Pengambilan Foto | Achmad Basuki | Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
-Penutup-
Sekian dari postingan blog saya, terima kasih sudah membaca blog saya sampai kata terakhir ini, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semua dan sampai jumpa lagi di postingan blog saya selanjutnya. Apabila terdapat kekurangan atau kesalahan kata saya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 
 

1 komentar: