Senin, 29 Oktober 2018

KONSEP FOTO


 Assalamu'alaikum Wr. Wb.



-Pendahuluan-
   Halo teman-teman pengunjung blog saya. Kali ini saya akan memposting tentang konsep foto.

-Pengertian-
   Konsep foto adalah sebuah ide dasar yang dapat dikembangkan menjadi sebuah karya foto dan dapat menceritakan maksud serta tujuan dari sebuah foto.

-Latar Belakang-
   Penting sekali memiliki sebuah konsep dalam sebuah foto. Dengan mengetahui konsep foto, kita bisa terhindar dari kesalahan baik dalam properti dan seting. Dengan mengetahui konsep, kita bisa mudah menentukan komposisi apa yang akan digunakan.

-Maksud dan Tujuan-
Memahami tentang apa saja konsep foto.

-Pembahasan-
Berikut ini adalah beberapa konsep foto.

1. Konsep Foto Tempo Dulu
   Konsep foto tempo dulu termasuk konsep foto yang digemari. Memanfaatkan warna hitam-putih atau sephia untuk memperkuat kesan masa lalu yang ditonjolkan. Tempat, kostum dan properti merupakan hal yang penting dalam konsep foto tempo dulu. Ornamen-ornamen seperti pintu kayu usang, tembok usang/terkelupas,dan properti antik bisa digunakan Kostum sebaiknya minimalis dan polos.


2. Konsep Foto Imajinasi
   Dalam konsep foto ini kita mencoba menggunakan khayalan/imajinasi menjadi sesuatu yang nyata. Sebaiknya dilakukan di dalam studio dengan lighting yang unik dan kreatif. Editing foto juga diperlukan untuk menguatkan efek imajinasi Contoh: imajinasi masa kecil dengan memilih background berupa arena bermain.  

3. Konsep Foto Aktivitas Outdoor
   Pemilihan konsep outdoor merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang belum lama bermain-main dengan konsep foto. Dalam konsep foto outdoor, cahaya matahari menjadi parameter penting. Sebaiknya memilih pagi atau sore hari. Demikian juga pemakaian reflektor untuk mengurangi bayangan gelap.

4. Konsep Foto Aktivitas Indoor
   Hal yang penting dalam konsep foto indoor adalah pengaturan cahaya. Pemakaian lampu-lampu foto dan pemanfaataan cahaya matahari yang menerobos dari lubang-lubang ruang seperti cahaya jendela perlu diperhitungkan. Bila memanfaatkan cahaya jendela, sebaiknya pemotretan dilakukan pada pagi atau sore hari, supaya mendapatkan cahaya yang lembut dengan sudut yang tepat. Pakaian untuk konsep ini bebas.

5. Konsep Foto Natural
   Lokasi pemotretan menjadi hal yang sangat penting dalam konsep foto ini, misalkan: taman, perkebunan, kebun di belakang rumah, atau tempat-tempat eksotik lainnya. Pilih tempat yang mempunyai suasana natural yang kental. Make-up natural. Kostum elegan atau casual. Properti berupa elemen-elemen alami seperti daun, ranting, bunga, rumput dll. Susunan elemen-elemen ini perlu dibuat untuk bisa menjadi pemanis dalam foto.

6. Konsep Foto Casual
   Menggunakan natural light, kostum casual dan property pendukung berupa properti sehari-hari. Pose model harus natural. Pilih lokasi sesuai dengan kostum dan memberikan kesan santai.

7. Konsep Foto Vintage-Retro
   VINTAGE
   Pilih lokasi yang jarang digunakan sebagai tempat kegiatan, misal bangunan yang sudah tidak dipakai, jembatan yang jarang dilalui atau lokasi yang agak tua, sekitar 20-an tahun ke belakang.
   RETRO
   Pakaian menyesuaikan model 80’an, misalkan blazer pada pria dan dress casual pada wanita. Gunakan tren saat ini sebagai pendukung Pemakaian properti seperti kacamata dan topi bisa menjadi pemanis. Tambahkan kesan retor dengan mobil dan motor retro. 

8. Konsep Foto Urban
   Menggunakan fasilitas umum seperti telepon umum, gang. Lokasi adalah tempat yang sering kita singgahi dengan properti tambahan berupa fasilitas publik seperti tempat parkir, taman bermain, pasar tradisional. Busana yang digunakan semi formal dan berwarna netral. Pemakaian cahaya tambahan perlu ditentukan dengan tepat seperti ekstrenal flash dan reflektor.

9. Konsep Foto Glamour
   Konsep foto dengan kombinasi pencahayaan, make-up dan sentuhan brush. Menonjolkan sisi romatis, dramatis dan sensual dari sebuah obyek. Gunakan model profesional untuk konsep ini. Editing foto yang digunakan adalah koreksi warna dan memberikan sentuhan brush.

10. Konsep Foto Siluet
   Menggunakan cahaya dari belakang Pose menunjukkan bentuk badan yang unik dan menarik. Kostum dan make-up tidak begitu penting dalam konsep ini

11. Konsep Foto Infrared
   Konsep ini mulai banyak diminati karena kesannya yang unik. Membutuhkan lensa infrared atau filter infrared. Bila dilakukan dalam ruangan, manfaatkan cahaya matahari yang lembut dengan tambahan backlight.

12. Konsep Foto Bokeh
   DOF yang sempit menghasilkan bokeh yang kuat Pilih lokasi seperti taman dan kebun. Waktu pemotretan sebaiknya sore hari sekitar jam 4-5 dengan cuaca cerah.

13. Konsep Foto Panorama
   Panorama adalah teknik foto yang menghasilkan foto dengan bidang lebar memanjang. Menggunakan Lensa wide. Make-up dan kostum sederhana. Pakaian casual dan make-up natural. Komposisi dengan ruang kosong perlu diperhatikan.

14. Konsep Foto Romantis
   Konsep foto ini cocok untuk foto berpasangan. Persoalannya adalah pada model, untuk berpose senatural mungkin. Gunakan DOF yang sempit.

-Kesimpulan-
   Bahwa sesungguhnya Konsep foto memiliki banyak jenisnya dan memiliki properti atau settingan atau suasana yang mendukung agar hasil foto sesuai dengan konsep yang sudah direncanakan.

-Referensi-
   E-Book Pertemuan 13 Fotografi Konsep Foto oleh Achmad Basuki Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

-Penutup-
   Sekian dari postingan saya kali ini,apabila terdapat kesalahan atau kekurangan kata saya mohon maaf,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

1 komentar: