Selasa, 07 Agustus 2018

APA ITU PAMFLET?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

-Pendahuluan-
Halo teman-teman pengunjung blog saya dimanapun kalian berada, kali ini saya akan memposting tentang pamflet.

-Pengertian-
Pamflet adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak, tanpa penyampulan maupun penjilidan, yang dicantumkan pada selembar kertas di satu sisi atau kedua sisinya, lalu dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya, sehingga terlihat lebih kecil (dapat juga disebut selebaran). Pamflet dapat pula terdiri dari beberapa lembar kertas yang dilipat atau disatukan secara sederhana sehingga menjadi sebuah buku kecil.

-Latar Belakang-
Pamflet umumnya digunakan sebagai media promosi bagi beberapa perusahaan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Banyak yang menggunakannya sebagai sarana promosi karena selain menghemat pengeluaran juga mudah dibuat, hanya memerlukan keterampilan berbahasa yang baik serta menarik.

-Maksud dan Tujuan-
Supaya memahami pengertian, tujuan, ciri-ciri, jenis, dan perbedaan pamflet dengan brosur.

-Pembahasan-
1) Tujuan Pamflet
Adapun tujuan dari pamflet sendiri berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, tergantung pamflet jenis apa yang dibuat. Misalnya pamflet tentang promosi, maka memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai produk, berbeda dengan pamflet tentang agama, biasanya berisi tentang ilmu-ilmu agama.
2) Ciri-ciri pamflet
Adapun ciri-ciri pamflet yang diantaranya yaitu:
  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas.
  • Besifat persuasif, artinya berisi ajakan untuk membeli produk atau mentaati sesuatu.
  • Ditulis dengan jelas supaya mudah dibaca.
  • Hal-hal yang disampaikan biasanya mengenai hal-hal baru atau terupdate.

3) Jenis-jenis pamflet
Adapun jenis-jensi pamflet yang diantaranya yaitu:

Pamflet Politik

Berisi mengenai hal-hal yang berbau politik seperti ajakan untuk memilih calon-calon pemimpin dan lainnya.

Pamflet Pendidikan

Berisi tentang informasi-informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti contohnya acara seminar, lomba-lomba akademik dan lainnya.

Pamflet Niaga

Berisi mengenai informasi mengenai produk-produk disertai dengan kalimat ajakan untuk membeli produk tersebut.

Pamflet Kegiatan

Berisi tentang berbagai acara atau kegiatan seperti misalnya seminar, pantas seni dan lainnya.
4) Perbedaan pamflet dengan brosur

-Brosur merupakan salah satu media promosi yang sering digunakan perusahaan karena media promosi ini memberikan informasi yang detail mengenai produk dan jasa. Biasanya brosur dibagikan oleh salesman, agen penjualan dan produsen kepada pelanggan yang tertarik dengan produk yang ditawarkan. Pamflet dan brosur memiliki ukuran yang sama yaitu selembaran kertas folio/A4. Tapi, biasanya brosur dapat dilipat/ dapat dijilid.

-Pamflet adalah selembar kertas yang dikemas dengan cara dilipat yang saling berhubungan satu sama lain dan tidak memiliki cover serta tidak dijilid. Biasanya pamflet digunakan untuk memberikan edukasi ataupun untuk menghibur penerima. Pamflet memiliki desain yang menarik dan memiliki cakupan yang luas sehingga pamflet merupakan media promosi yang sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk Anda.

-Kesimpulan-

Jadi, pamflet dan brosur memiliki fungsi yang sama untuk memberikan informasi. Namun, brosur dan pamflet memiliki perbedaan dari segi pemanfaatnya. Jika brosur digunakan untuk salesman untuk menarik pelanggan tentang produk/jasa, sedangkan pamflet digunakan untuk memberi edukasi kepada pelanggan dan sekaligus untuk mempromosikan produk.
-Referensi-

-Penutup-
Sekian dari postingan blog saya, jika terdapat kesalahan atua kekurangan kata saya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar