Senin, 06 Agustus 2018

TUTORIAL INKSCAPE INDONESIA | CARA MEMBUAT FLAT DESIGN ICE CREAM MATCHA.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


-Pendahuluan-
Halo teman-teman pembaca semua! Berjumpa lagi blog berfaedah saya yang sederhana dan apa adanya ini. Kali ini, saya akan memposting tentang tutorial membuat flat design eskrim matcha menggunakan salah satu software vector open source yang bernama inkscape.

-Pengertian-
Flat design adalah desain dengan pendekatan minimalis yang menekankan kegunaan dengan desain yang bersih tanpa ada bevel, bayangan, tekstur,berfokus pada tipografi, warna-warna cerah dan ilustrasi dua dimensi.

-Latar Belakang-
Pembuatan flat design ini dilatar belakangi atau didasari oleh mengingat banyaknya desainer yang menggunakan flat design sebagai salah satu karyanya dan banyaknya minat masyarakat akan hal ini membuat saya tertarik juga membuat karya ini karena agar tidak terbelakang oleh desainer lain.

-Maksud dan Tujuan-
Agar menarik bagi user dan mudah dicerna oleh yang melihatnya karena lebih minimalis sehingga seperti menyegarkan mata.

-Pembahasan-
1. Buka software inkscape di laptop atau komputer anda masing-masing
2. Menggunakan bezier tool, buatlah sebuah garis untuk membuat cone eskrim

3.  Buatlah sedikit lengkungan di ujung cone bagian bawah sehungga seperti ini contohnya sehingga lebih terlihat sungguhan.

4. Berikanlah warna kepada cone eskrimnya

5. Buatlah garis-garis miring pada cone untuk membuat seperti silang dan garisnya itu berwarna putih. Pada awalnya kita buat sisi satunya dulu seperti ini.

6. Seleksi semua garis itu kemudian tekan ctrl+d, dan tekan pada panah berlawanan diatas sehingga arahnya juga berlawanan sama garis no 5 tadi, seperti ini hasilnya. Jika masih ada garis yang kurang rapi ya dirapikan terlebih dahulu.

7. Seleksi semua garis dan cone eskrimnya

8. Kemudian tekan ctrl+g sehingga semuanya menjadi satu grup dan menjadi satu objek yang utuh dan saling melengkapi *eh

9. Buatlah menggunakan bezier tool sebuah objek yang nantinya untuk eskrim matcha itu, kemudian klik berturut-turut secara cepat 3 kali agar memunculkan titik-titik
bezier, kemudian lengkungkanlah bagian yang perlu dilengkungkan sehingga mirip eskrim sungguhan

10. Berikanlah warna hijau khas matcha kepada eskrim yang telah kita buat tadi. Jangan lupa hilangkan strokenya pada menu fill and stroke (Shift+ctrl+f)

11. Dengan menggunakan rectangle tool, buatlah sebuah persegi panjang dan buatlah sudut-sudutnya melengkung dengan cara menaikkan ukuran Ry nya. Cara memunculkannya yaitu
klik 3 kali berturut-turut pada persegi panjang yang sudah dibuat, maka akan muncul di bagian atas sebuah angka yang dapat diganti, kemudian sesuaikan sesuai keigninan
kalian. Kemudian ubahlah warnanya menjadi mirip dengan warna eskrim dan jangan lupa hilangkan stroke nya.

12. Buat lagi sebuah objek persegi panjang tetapi tidak terlalu panjang di bagian bawah eskrim, ini berguna untuk lelehan eskrim, sesuaikan saja ukurannya seperti keinginan,
kemudian atur juga lengkungan sudut-sudutnya jika kurang pas, kemudian atur juga letaknya jika masih kurang pas

13. Klik objek yang dibuat pada no. 12 tadi, kemudian tekan Ctrl+d untuk menduplikat objek sehingga kita tidak perlu lagi membuat ulang, kemudian geser ke samping objek no 12
tadi, dan atur ukurannya supaya agak sedikit lebih panjang daripada objek sebelumnya, atur juga ukuran lengkungannya jika menurut kamu kurang pas.


14.Ulangi lagi langkah ke 13 sampai berulang kali dan menghasilkan 'lelehan-lelehan' yang pas untuk eskrimnya seperti punya saya ini.

15. Klik lagi objek yang dibuat pada no 11 tadi atau obek persegi panjang melengkung yang pertama kali dibuat, kemudian klik menu Path lalu pilih Object to Path.

16. Klik 3 kali berturut-turut secara cepat pada objek yang sudah diubah menjadi path tadi, kemudian buatlah titik-titik path pada setiap sebelah sudut persegi tadi, kemudian lengkungkan dia ke atas sesuai dengan pasnya menurut anda bagaimana.



17. Ulangi langkah no. 16 sampai jarak antara persegi-persegi sudah melengkung semua seperti punya saya ini.

18. Kemudian, kita akan membuat bayangan di setiap lelehan eskrim dengan menggunakan bezier tool. Berikut ini caranya : Buatlah atau ikuti pinggir sebelah kanan lelehan  eskrimnya, kemudian jika sudah selesai tekan spasi,

19. Jika ada yang belum pas lengkungannya, klik lagi berturut-turut secara cepat 3 kali sehingga titik-titik path muncul dan sesuaikanlah lengkungannya.

19. Jika ada yang belum pas lengkungannya, klik lagi berturut-turut secara cepat 3 kali sehingga titik-titik path muncul dan sesuaikanlah lengkungannya.

20. Jika sudah selesai, gantilah warna path tadi dengan warna yang mirip dengan warna eskrim namun lebih tua lagi. Jangan lupa pada menu stroke style hilangkan strokenya.

21. Ulangi langkah no, 18-20 sampai semua lelehan sudah diberi bayangan seperti punya saya ini

22. Kemudian kita akan membuat lelehan di eskrimnya. Caranya gunakan bezier tool, kemudian buat sebuah garis lurus pendek dengan warna hijau yang lebih tua dari warna eskrimnya.

23. Buatlah garis tersebut melengkung dengan cara klik 3 kali berturut-turut secara cepat dan setelah titik path nya muncul, lengkungkan kebawah garisnya.


24. Buatlah beberapa lelehan seperti itu dengan cara cepat klik lelehan tersebut, kemudian tekan ctrl+d dan pindahkan ke tempat yang ingin kamu pindahkan. Contohnya seperti punya saya ini.

25. Langkah selanjutnya kita akan membuat meses warna-warni diatas eskrimnya dengan cara klik rectangle tool dan kemudian buatlah sebuah persegi panjang yang tidak terlalu panjang dan sedang-sedang saja, keemudian ganti warnanya dengan warna yang cerah.

26. Buatlah banyak meses dengan warna yang berbeda-beda dengan cara klik meses pertama yang sudah kamu buat, kemudian tekan ctrl+d, dan pindahkan ke tempat lain. Usahakan jangan meletakkan terlalu dekat agar tidak terlihat terlalu padat. Kemudian ganti warnanya dan mainkan rotasinya, ntah itu serong kiri kanan atas bawah yang menurut anda bisa memberikan nilai artistik. Contohnya punya saya yang sudah selesai mesesnya.

27. Saatnya membuat ceri, dengan menggunakan ellipse tool, buatlah sebuah lingkaran berwarna pink di tengah-tengah eskrim nya. Cara nya agar dia di tengah-tengah yaitu seleksi
lingkaran dan eskrimnya, kemudian tekan shift+ctrl+a, kemudian pilih yang ditengah-tengah, jadi deh di tengah-tengah cerinya.


28. Buatlah sebuah objek yang berguna untuk seperti kilauan cerinya dan berilah dia warna putih dan hilangkan strokenya.

29. Buatlah lengkungannya dengan cara klik 3 kali berturut-turut dan muncul pathnya sehingga hasiilnya jadi seperti ini.

30. Aturlah opacity nya agar menjadi transparan

31. Buatlah sebuah objek lagi dengan bezier tool untuk tangkai cerinya dan berikanlah dia warna yang sama dengan warna cerinya dan hilangkan strokenya

32. Klik objeknya 3 kali sampai muncul titik-titik pathnya kemudian buatlah lengkungan-lengkungannya jadi mirip tangkai pokoknya.

33. Jadi seperti ini

34. Kemudian kita akan membuat wafer untuk eskrimnya. Buat sebuah objek persegi panjang berwarna cream dengan opacitynya 100%.

35. Buatlah lagi sebuah objek persegi didalam objek yang panjang tadi untuk menjadi garis-garis wafernya dengan warna coklat.

36. Buat sebuah garis miring di sudut objek coklat agar membuat segitiga dari objek persegi panjang coklat tersebut

37. Seleksi garis tadi bersamaan dengan objek persegi, kemudian tekan ctrl+/ maka objek akan terpisah. Kemudian hapus sisa objek yang tidak terpakai lagi.




38. Ulagi terus menerus sampai sepanjang wafer nya penuh dengan objek coklat ini hingga menjadi seperti ini

39. Merengkan posisi wafer coklat nya dan letakkan diatas eskrim matcha

40. Buat lagi sebuah garis abstrak menggunakan bezier yang nantinya akan di lengkungkan dengan path nya seperti dibawah ini.


41. Berikanlah warna garisnya mirip dengan warna eskrim matcha.

42. Hilangkan strokenya.

43. Jadi seperti wafernya benar-benar masuk ke eskrim

44. Berikan eskrimnya background.

45. Kemudian export dengan cara klik shift+ctrl+e

-Penutup-
Sekian dari tutorial saya, semoga bermanfaat bagi yang melihatnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar