Kamis, 09 Agustus 2018

POSTER TEMA LITERASI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
-Pendahuluan-
Hallo teman-teman pengunjung blog saya, kali ini saya akan memposting tentang poster yang saya buat pada hari ini. Kali ini poster yang saya pilih bertemakan literasi.

-Pengertian-
Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di ataskertas berukuran besar atau kecil.

-Maksud  dan Tujuan-
Agar orang yang melihatb poster saya memahami maksud dari poster yang saya buat ini dan dapat memaknai nya sehingga poster saya akan bermanfaat untuk orang banyak.

-Alat yang dibutuhkan-
1 buah poster bertema literasi
pemateri
audience yang menerima materi

-Uraian pembahasan-
Jadi, pembaca blog saya sekalian, tema yang saya angkat di poster kali ini adalah tentang literasi. Apa sih itu literasi? Literasi adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi bacaan. Alasan saya memilih ini sebagai tema poster yang pertama kali saya buat selama saya magang di BLC Telkom Klaten ini adalah karena menurut pendapat saya, anak-anak muda di zaman sekarang ini adalah remaja yang kurang baca. Apalagi membaca buku. Baik itu buku non-pelajaran apalagi buku pelajaran. Hanya segelintir remaja yang masih suka untuk membaca buku atau artikel yang bermanfaat. Mereka lebih menggemari membaca gosip-gosip artis favorit terbaru nya dibandingkan membaca tentang prestasi anak bangsa dan materi pembelajaran untuk esok hari. Sesungguhnya ini adalah suatu kondisi yang sangat memprihatinkan. Kenapa? Karena membaca itu adalah jendela dunia. Kita bisa banyak memiliki ilmu dan kosa kata ketika kita banyak membaca. Sementara ketika kita malas membaca, apa yang akan kita dapatkan kelak? Membaca itu banyak sekali gunanya loh. Salah satunya ada di poster di atas, tujuan literasi. Oleh karena itu, marilah kita sebagai generasi muda penerus bangsa, rajin-rajinlah kita membaca selagi kita masih bisa diberikan kenikmatan untuk tetap hidup, bernafas, melihat dan berfikir. Karena banyak orang yang buta diluar sana ingin membaca. Kenapa kita kalah dengan orang lain padahal sebenarnya diri kita itu bisa tetapi kita hanya ketinggian ego dan rasa malas. Yuk sama-sama mari kita buang sikap-sikap buruk yang ada pada diri kita. Meskipun kita tidak bisa langsung berubah menjadi baik dalam sekejap mata karena perubahan pasti butuh proses panjang. Tetapi, janganlah kamu menyerah di tengah-tengah perjuangan kamu. Ketika kamu mulai lelah dan merasa tak sanggup untuk melanjutkan perjuangan, ingatlah lagi, orang-orang yang menggantungkan harapan kepadamu, apakah kamu tega membuat mereka kecewa? Ingat lagi alasan kenapa kamu memulai semua ini, apakah sudah sejauh ini, kamu ingin berhenti begitu saja? Tentu tidak kan? Maka oleh karena itu percayalah, banyak orang yang sayang kepadamu diluar sana.:)

-Kesimpulan-
Poster yang kita buat haruslah mudah ditangkap pesan dan makna yang terkandung didalamnya. Gunakanlah objek-objek yang mendukung penyampaian pesan, bukanlah objek-objek tanpa makna yang hanya akan membuat orang salah pemahaman atas poster tersebut.

-Referensi-

-Penutup-
Sekian dari postingan blog saya kali ini, jika terdapat kesalahan saya mohon maaf,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar