Senin, 13 Agustus 2018

APA ITU SPANDUK?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Halo teman-teman pembaca semuanya! Bertemu lagi di blog saya, kali ini saya akan sharing tentang spanduk. Tentunya teman-teman sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata spanduk ini kan, nah, berikut ini penjelasannya.

A. Pengertian
Spanduk atau panji adalah sebuah bendera berukuran panjang yang menampilkan sebuah simbol, logo, slogan atau pesan lainnya.

B. Latar Belakang
Spanduk kerap digunakan sebagai media informasi offline. Karena bertujuan untuk menarik perhatian, khususnya pengguna jalan, spanduk dicetak dengan desain-berupa teks dan gambar yang menarik serta berwarna. Bukan hanya sebagai media informasi, spanduk juga mengingatkan masyarakat terhadap suatu brand dan bisa menimbuokan kepercayaan.

C. Maksud dan Tujuan
Spanduk berfungsi sebagai media promosi baik itu berupa produk/jasa, acara, sekolah dan sebagainya. Selain iru spanduk merupakan media promosi yang murah dan sangat efektif. Dengan melihat spanduk yang menarik, konsumen pun akan tertarik untuk membeli produk atau jasa kita. Setidaknya itu sudah terbukti dengan banyaknya spanduk yang terpasang di pinggir-pinggir jalan raya. Spanduk mmemang menjadi media promosi yang murah dan efektif untuk saat ini.  Dan juga,, spanduk bisa mempengaruhi sebuah citra produk dari perusahaan, dapagt menimbulkan kepercayaan dari orang banyak khususnya konsumen sebuah produk, dapat mengingatkan masyarakat umum pada sebuah produk dari perusahaan itu, dan dapat membangun loyalitas masyarakat umum atau konsumen pada bisnis atau perusahaan atau jasa anda.

D. Pembahasan

1) Ciri-ciri spanduk
  • Ukuran 90/100 x 800 cm
  • Kalimatnya pendek dan tulisannya besar
  • Warna mencolok/kontras agar mudah dilihat dan dibaca
  • Ditempatkan ditempat strategis
2) Kelebihan Spanduk
  • Proses pembuatan tidak terlalu rumit
  • Jangkauan pemasangan sangat luas dan frekuensi tinggi
  • Mencakup semua target audience
  • Penempatannya fleksibel secara geografis
  • Mudah diingat sebelum membeli produk
  • Bisa dilihat berulang-ulang oleh pengguna jalan
3) Kelemahan Spanduk
  • Kurang efektif karena sebagian masyarakat yang lewat di depan spanduk
  • Waktu pemasangan secara singkat
  • Tidak bisa menampilkan informasi secara lengkap
  • Bila frekuensinya terlalu tinggi, mengakibatkan kebosanan pada target audience
  • Mengganggu keindahan lingkungan bila terpasang tidak teratur
4) Manfaat Spanduk
Spanduk digunakan sebagai media penerangan/penyampaian informasi baik di luar ruang maupun dalam ruang. Ukuran spanduk bervariasi tergantung pada kebutuhan. Spanduk dipilih oleh para penyampai pesan karena selain harga cetaknya yang terjangkau juga karena spanduk memiliki ruang yang luas untuk informasi yang akan disampaikan.

5)Jenis-Jenis spanduk.
1. Spanduk Sablon
-Kelebihannya yaitu sehari bisa jadu 100 spanduk
-Kelemahannya yaitu apabila campuran catnya tidak pas maka akan luntur bila kena air

2. Spanduk Spray
-Kelebihannya yaitu lebih tahan terhadap air
-Kelemahannya yaitu pengerjaannya lebih lama

3. Spanduk Printing
-Kelebihannya yaitu hasil lebih bagus karena bisa full colour
-Kelemahannya yaitu harganya tergolong cukup mahal

6) Cara membuat spanduk
1. Desain Spanduk
Desain spanduk yang menarik tentu akan menarik perhatian orang untuk melihatnya, awalnya dari melihat desain spanduk maka orang lantas akan membaca apa isi atau informasi yang ada di dalam spanduk tersebut.
2. Ukuran Spanduk
Besar kecilnya ukuran spanduk hendaknya disesuaikan dengan space atau tempat dimana spanduk akan ditempatkan sehingga tidak akan terjadi hal seperti spanduk terlalu kecil atau spanduk terlalu besar.
3. Tulisan Spanduk Terlalu Kecil
Ini menjadi kendala ketika spanduk akan diletakkan diluar ruang yang memiliki lalu-lintas cepat karena para audience/pembaca tidak akan sempat membaca informasi yang ada didalam spanduk secara detail. Jadi besar kecilnya ukuran teks sebaiknya disesuaikan dnegan tujuan dimanakah spanduknya nantinya ini akan ditempatkan. Berbeda jika spanduk akan ditempatkan didalam ruangan dimana pembaca dapat membaca keseleruhan isi spanduk tanpa khawatir akan bergegas pergi.
4. Desain spanduk terlalu padat
Walaupun ukuran spanduk terbilang besar sebagai media informasi, banyaknya informasi yang akan disampaikan hendaknya diringkas agar kalimat-kalimat tersebut tidak memenuhi spanduk yang nanitnya akan melelahkan mata pembaca. Jikapun ada hal yang lebih mendetail yang akan disampaikan maka andab dapat mencantumkan dalam spanduk tersebut alamat website atau blog anda karena di website atau blog tersebut anda dapat memberikan keterangan yang lebih mendetail. 
5. Jenis Huruf Spanduk
Pemilihan huruf untuk spanduk hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Idealnya gunakan huruf yang jelas, tidak menggunakan huruf latin yang berukir namun ini kembali kepada kebutuhan agar informasi yang akan disampaikan cepat diterima oleh pembaca. Sebaiknya dan usahan pilihlah atau gunakan huruf yang sifatnya gratis untuk keperluan personal atau komersial. Anda dapat mendownloadnya di internet dengan menggunakan kata kunci free font for commercial use.
6. Foto untuk spanduk
Jika ingin menggunakan foto didalam spanduk anda maka pilihlah foto yang beresolusi besar agar tidak pecah atau blur hasilnya ketika spanduk dicetak. Besarnya resolusi foto ditentukan kembali oleh ukuran spanduk yang akan digunakan. Lebih besar resolusi fotonya maka lebih baik. Sebaiknya dan usahakn gunakan foto atau gambar orisinil untuk spanduk anda.

E. Kesimpulan
Sekian dari pembahasan tentang spanduk, semoa dengan pembahasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman pembaca semua.

F. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar