Senin, 27 Agustus 2018

PERKENALAN BOOKLET | APA SIH ITU BOOKLET?


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hai pembaca semua, bertemu lagi di blog saya, kali ini, saya akan memposting tentang booklet atau versi indonesianya itu sih, buklet. Pastinya teman-teman bertanya-tanya, apasih itu booklet? Simak penjelasan berikut ini ya.

A. Pendahuluan
Booklet adalah media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan. 
Menurut Effendy Sholeh dalam buku periklanan di era masa kini, booklet adalah suatu sarana periklanan yang mampu menarik banyak konsumen produktif, karena booklet bisa mencakup tidak hanya produk saja, tetapi dapat mencakup berbagai jenis-jenis produk yang bisa membuat konsumen melakukan perbandingan dalam hal marketing,
Jika ditinjau dari sisi produksi, booklet adalah sebuah media massa cetak yang bertujuan untuk menyebarkan informasi.

B. Tujuan
Agar masyarakat yang  sebagai objek memahami dan menuruti pesan yang terkandung dalam media komunikasi massa tersebut.

C. Hasil yang diharapkan
Memahami tnetang buklet.

D. Pembahasan

1. Unsur-Unsur Booklet
-Sejarah Perusahaan
-Struktur Organisasi Perusahaan
-Fasilitas atau produk yang dimiliki perusahaan
-Layanan suatu perusahaan
-Visi dan misi perusahaan 

2. Keunggulan Booklet
-Biaya yang dikeluarkan lebih murah jika dibandingkan dengan media audio/visual/audio visual
-proses booklet agar sampai kepad objek/masyarakat bisa dilakukan sewaktu-waktu
-proses penyampaian juga bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada, lebih terperinci dan jelas, karena bisa lebih banyak mengulas tentang pesan yang disampaikan

3. Kelemahan Booklet
-booklet tidak bisa menyebar ke seluruh masyarakat karena disebabkan keterbatasan
-tidak langsungnya proses penyampaiannya, sehingga umpan balik dari obyek kepada penyampai pesan tidak secara langsung (tertunda)
-memerlukan banyak tenaga dalam penyebarannya

4. Manfaat Booklet Promosi Offline
4.a. Untuk Perusahaan
-Harga terjangkau  = pembuatan booklet promosi offline tidak terlalu mahal di percetakan sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk melakukan promosi offline. Harga uang terjangkau membuat perusahaan cetak booklet sebanyak mungkin dan siap untuk prospek konsumen.
-Desain menarik = desain booklet promosi offline sangat menarik, terbaru, dan berwarna. Desain adalah jurus yang paling terbaik untuk menarik perhatian konsumen. Mereka akan mulai tertarik membacanya hingga akhirnya membeli produk anda.
-Penjelasan mudah dipahami oleh masyarakat = kata yang digunakan pada booklet tidak berbelit-belit dan sangat sederhana. Masyarakat dengan cepat akan memahami isi dari booklet.
4.b. Untuk Konsumen
-Membentuk keyakinan = kelengkapan isi serta informasi yang sangat detail membuat persepsi konsumen positif, Mereka yakin dengan produk yang ditawarkan perusahaan atau jasa. Akhirnya mereka akan percaya bahwa produk dan perusahaan tersebut bagus.
-Promosi ke teman = memberikan booklet kepada satu konsumen bisa menggaet konsumen lainnya. Konsumen tersebut akan membaca booklet dengan teman serta orang terdekat lainnya. Pada saat kebingungan memilih produk, maka bisa berkonsultasi ke teman.
-TIdak bosan saat membacanya = konsumen sendiri merasa tertarik untuk membaca booklet sampai selesai. Bahasa serta adanya gambar yang sangat bagus membuat konsumen lebih mudah mengerti. 

 5. Fungsi Booklet
-Secara umum hampir sama dengan katalog produk. Sama-sama mendisplay atau menampilkan hampir semua produk yang dihasilkan sebuah perusahaan lengkap dengan keterangan/spesifikasi, dan mungkin harganya.
-Fungsi Internal = sebagai sumber informasi dan rujukan produk knowledge perusahaan. Hal ini penting agar setiap orang dalam jajaran perusahaan memiliki acuan baku dalam memahami profil perusahaan serta produk yang ditawarkan.
-Fungsi Eksternal = bersifat sebagai ujung tombak dalam kegiatan marketing. Booklet adalah alat untuk menyapa dan menjangkau calon konsumen sehingga muncul ketertarikan untuk menggunakan produk perusahaan kita

E. Kesimpulan
Booklet merupakan suatu produk cetak yang berguna untuk perusahaan. Dengan segala kelebihan yang ia miliki, booklet bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai produk promosi perusahaan anda.
F. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar