Senin, 20 Agustus 2018

POSTER SAVE THE EARTH

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

-Pendahuluan-
Halo teman-teman pengunjung blog saya, kali ini saya akan memposting tentang poster yang saya buat yang bertemakan save the earth.

-Pengertian-
Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil.

-Maksud dan Tujuan-
Supaya orang yang melihat poster saya memahami tentang pesan yang akan saya sampaikan dalam poster saya ini.

-Alat yang dibutuhkan-
1 buah poster yang bertemakan save the earth
Pemateri
Audience

-Uraian Pembahasan-
Jadi, alasan saya membuat poster dengan tema save the earth ini adalah karena pada zaman sekarang sedang marakp-maraknya membahas tentang pemanasan global atau yang sering terdengar di telinga kita adalah global warming. Lalu apa sih itu global warming? Global Warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Penyebab global warming diantaranya ada efek rumah kaca, efek umpan balik, dan variasi matahari. Dari penyebab global warming itu menyebabkan banyak efek negatif yang sangat tidak baik dampaknya kepada kehidupan manusia. Kenapa saya menambahkan ilustrasi efek bumi yang meleleh dengan raut wajah yang sedih? Karena penggambaran syaa seolah-olah bumi itu 'meleleh' karena peningkatan suhu bumi yang sangat signifikan beberapa tahun terakhir ini. Raut wajah bumi ini menggambarkan bumi yang sedih karena ia sudah tak lagi sama seperti pada saat suhu bumi belum sepanas yang sekarang. Kenapa harus meleleh? Tidak terbakar? Karena, volume air di bumi sekarang itu meningkat, disebabkan oleh pemanasan global sehingga mencairnya es di kutub-kutub bumi. Kemudian, saya juga menambahkan gambar pabrik dan gambar pepohonan yang saling bertolak belakang posisinya. Karena, salah satu penyebab global warming adalah polusi dari udara dari asap pabrik tersebut. Sangat tidak sehat sekali. Dan, pohon bisa menukar karbondioksida menjadi oksigen. Berhubung polusi udara yang disebabkan oleh pabrik banyak mengandung gas karbondioksida dan gas-gas udara yang lain yang sangat tidak sehat, jadi pohon bisa membuat udara menjadi lebih segar. Namun pada kenyataannya pada saat ini, pepohonan atau hutan banyak ditebang. Hutan menjadi gundul dan digantikan oleh lingkungan pabrik atau lingkungan perumahan, sehingga oleh karena itu muncullah banyak bencana alam yang disebabkan oleh kurangnya daerah resapan air. kurangnya hutan, seperti banjir dan tanah longsor. Hal itu disebabkan oleh manusianya sendiri yang sangat serakah. Oleh karena itu, mari mulai sekarang, budayakanlah untuk sama-sama menjaga bumi kita tercinta ini. Jika tidak kita, lalu siapa lagi? Jika bukan sekarang lalu kapan lagi? 

-Kesimpulan-
Poster yang kita buat harus mudah ditangkap maknanya oleh yang melihat poster kita sehingga pesan yang ingin kita sampaikan akan mudah dimengerti.

-Referensi-

-Penutup-
Sekian dari postingan saya kali ini, apabila terdapat kesalahan atau kekurangan saya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum Wr.  Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar