Kamis, 02 Agustus 2018

TUTORIAL INKSCAPE INDONESIA : MEMBUAT FLAT DESIGN BURGER

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Halo teman-teman pembaca blog saya dimanapun kalian berada! Kali ini, setelah sharing tentang perkenalan inkscape dan tool-tool yang ada pada inkscape, saya akan membagikan tutorial membuat flat design burger. Tapi sebelumnya, flat design itu apasih?  nah simak pada paragraf berikut ini ya.
1. Pengertian
 Flat design adalah desain dengan pendekatan minimalis yang menekankan kegunaan, dengan desain yang bersih tanpa ada bevel, bayangan, tekstur, berfokus pada tipografi, warna-warna cerah dan ilustrasi dua dimensi. 

2. Latar Belakang
Praktisi desain saat ini sangat menggemari flat design karena terlihat modern dan memungkinkan audience untuk lebih fokus kepada pesan dibalik visual tersebut. Mereka juga setuju bahwa flat design membuat segalanya lebih efisien dan dapat meminimalisir kesalahan pemaknaan konten atau pesan visual.

3. Maksud dan Tujuan
Mengikuti tren populer grafis sekarang sehingga mengikuti alur pergerakan zaman dan karya lebih mudah untuk disukai dan dipahami oleh orang banyak

4. Uraian

A. Membuat Roti bagian bawah burger
1. Buka aplikasi inkscape yang ada di laptop atau pc kalian

2. Gunakan tool create rectangles and squares (F4) dan buat sebuah kotak persegi panjang di halaman lembar kerja
 3. Setelah membuat kotak, tekan spasi untuk mengganti menjadi icon select and transform objects (F1) kemudian, tekan 3 kali pada objek untuk membuat lengkungan pada sudut-sudut objek persegi panjang, akan muncul kota bertulisan Ry dan disebelahnya ada angka yang mengukur kelengkungan pinggiran objek. Atur sesuai kemauan kamu.

4. Eits, proses awal belum selesai. Kali ini gunakan tool Draw Bezier Curves and straight lines (Shift+F6), buatlah sebuah garis panjang, agar lurus, buatlah sambil menahan tombol ctrl. Kemudian klik kiri mouse 2 kali. Kemudian, pilih garis bezier tadi menggunakan tool select and transform object (F1) dan tahan shift, kemudian tekan persegi panjang kuning yang sudah dibuat tadi, kemudian tekan Ctrl+/. Setelah objek terbagi menjadi dua, delete lah salah satu potongan objek yang tidak terpakai. Selesai sudah proses kita membuat roti bagian bawah.

  (buat garis nya diatas objek persegi panjang itu, ya!)
 (kemudian tekan shift untuk menggabungkan dua objek tersebut)
 (kemudian tekan ctrl+/ untuk membagi dua objek, nah objek akan terpisah deh, tapi jangan coba-coba ngelakuin command ini untuk memisahkan mantan sama pacar baru nya ya, eh ga deng wkwkwkwk.)
 (nah pilihlah objek yang tidak dibutuhkan dalam pembuatan burger ini nanti. kemudia tekan delete pada keyboard anda anda semua)

 (Wah, sudah jadi nih objek yang sudah di potong nya. Bisa lanjut deh ke tutorial selanjutnya)

B. Membuat daging burger
1. Ulangi kembali langkah nomor 2 dan 3 diatas. Kemudian setelah dilengkungkan sesuai selera, ubah warnannya menjadi warna coklat, kemudian letak diatas roti.

C. Membuat keju
1. Buatlah sebuah persegi panjang dengan sudut runcing berwarna kuning
2. Buatlah segitiga menggunakan bezier tool dengan warna yang sama, kemudian gabungkan dengan persegi panjang yang tadi. Selesai deh kejunya.

D. Membuat gambar sayur
 1. Buatlah dengan bezier tool sebuah kotak persegi panjang berwarna hijau. Usahakan sisi yang bagian bawah di buat titiknya lebih banyak untuk membuat lengkungan-lengkungan sayur seperti gambar dibawah ini
2. Kemudian buatlah lengkungan-lengkungan seperti yang anda inginkan. Kalau saya hasil nya seperti ini. Jangan lupa menghilangkan stroke nya ya. Letakkan sayurnya juga menutupi keju sehingga yang terlihat hanya segitiga kejunya saja.

E. Membuat Timun
1. Buatlah kotak persegi panjang lagi berwarna hijau namun lebih pekat lagi dan letakkan diatas sayur. Tambahkan juga 2 kotak warna hijau lebih tua untuk memperjelas aksen bahwa itu adalah sebuah timun.

F. Membuat tomat
1. Buatlah lagi sebuah persegi panjang, tetapi kali ini berwarna merah. Kemudian letakkan diatas timun.

G. Membuat roti bagian atas
1. Buatlah menggunakan bezier sebuah objek persegi panjang


2. Tariklah garis-garis nya sehingga menghasilkan lengkungan seperti mirip roti. Jangan lupa memberikan warna yang sama dengan warna roti bagian bawah dengan cara klik objek, kemudian klik huruf d, kemudian arahkan kursor ke warna roti bagian bawah, kemudian klik, warna roti akan otomatis berubah.

H. Membuat wijen di atas roti
1. Gunakan bezier tool dan buat sebuah garis lurus, temukan ujung sama ujungnya, jangan sampai mereka berpisah #lah
2. Kemudian buatlah lengkungan hingga mirip biji wijen dari garis yang tadi. Kemudian berilah dia warna yang lebih muda dari warna roti.Jangan lupa hilangkan stroke nya.
3. Untuk memperbanyak biji wijen, cukup dengan tekan ctrl+d dan buatlah dia menyebar diatas roti. Setelah dirasa cukup, jangan ditambah lagi ya.

I. Membuat latar belakang burger
1. Buatlah sebuah lingkaran dengan warna yang kamu anggap matching dengan burgernya. Kemudian letakkan dibelakang burger dengan cara klik pg dn 

J. Membuat bayangan burger
1. Buatlah sebuah persegi panjang  menggunakan bezier tool dengan warna hitam, kemudian kurangi transparency nya sesuai selera anda, kemudian letak dibelakang burger tetapi masih didepan background biru.
2. Kemudian tekan pg dn pada keyboard sehingga bayangan berada dibawah burger. jadi deh

K. Membuat background petak
1. Buatlah sebuah objek persegi menggunakan create rectangles and square tool. Letakkan ia di bagian paling belakang burger dan background biru.






 Berikut ini adalah hasilnya

Kesimpulan
Membuat flat design sesungguhnya sulit-sulit susah, tergantung niat dan usaha yang ingin membuatnya, karena sudah banyak referensi yang ada di google.

Sekian dari blog saya kali ini, apabila hasil karya saya kurang memuaskan, saya terima kritik saran dan komentar yang membangun. Terima kasih sudah membaca blog saya, semoga pembaca semua sehat selalu!
Wassalamu'alaikumm Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar