Jumat, 03 Agustus 2018

TUTORIAL INKSCAPE INDONESIA : MEMBUAT LOGO NAMA

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Halo teman-teman pembaca semua! Apa kabarnya? Semoga sehat-sehat semua dan selalu diberi lindungan oleh Yang Maha Kuasa, pemilik alam semesta. Aamiin. Jadi, pada postingan blog saya kali ini, saya akan sharing kepada teman-teman semua tentang tutorial membuat logo nama. Tapi sebelumnya teman-teman paham tidak apa yang dimaksud dengan logo? Nah, mari kita bahas dibawah ini ya..
A. Pengertian
Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.

B. Latar Belakang
Latar belakang saya membuat logo ini adalah, untuk menjadi ciri khas tersendiri dari diri saya baik di dunia maya ataupun dunia nyata.
Warna yang saya berikan didalam logo MA ini berwarna-warni. Kenapa? Karena, itu mewakilkan sifat dari diri saya, yaitu random, aneh, childish, terkadang dewasa, manja, lembut disaat-saat tertentu, dan ingin menjadi berpendirian teguh atas prinsip

C. Maksud dan Tujuan
Tujuan pembuatan logo yaitu melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri
D. Hasil yang Diharapkan
Menghasilkan logo yang bisa mewakilkan sesuatu, baik itu sifat, karakter, semboyan, perusahaan, sehingga lebih mudah diingat.

E. Pembahasan
1. Buka aplikasi inkscape.

2. Buat sebuah lingkaran menggunakan tool Create circles, ellipses, and arcs (F5) atau tool berbentuk lingkaran. Lingkaran ini berguna untuk menjadi latar belakang dari logo tadi.

3. Buat sebuah kotak persegi panjang yang memanjang kebawah menggunakan tool Create rectangles and squares (F4) atau tool yang berlogo persegi. (Warna dan ukuran sesuai keinginan ya)
 
4. Klik persegi panjang tadi sebanyak 3 kali, sehingga nanti akan muncul seperti titik-titik di objek tadi, dan tampilan atas pun berubah, sehingga ada kolom bernama Ry. Kolom tersebut berguna untuk mengatur kelengkungan dari sebuah objek yang memiliki sudut. Nah, angka pada kolom Ry tadi lah yang kita ubah angkanya sesuai kehendak kita mau se lengkung apakah objek tadi. Contoh punya saya seperti ini

5. Buatlah lagi persegi panjang dengan cara yang sama dan kelengkungan yang sama seperti pertama kita buat, namun, ukurannya berbeda, karena kali ini akan membuat pertengahan huruf M / garis yang miring. ganti juga warnanya agar terdapat kreasi.

6. Buatlah satu lagi garis miring agar bentuknya mirip dengan huruf M. Cara cepatnya yaitu, klik objek yang dibuat pada nomor 5, kemudian tekan Ctrl+D, Kemudian pada panah berwarna orange di atas, klik yang diagonal, sehingga arah objek tadi berlawanan, kemudian atur lah tempatnya agar pas. Jangan lupa untuk mengganti warnanya.



7. Langkah terakhir dalam pembuatan huruf M, yaitu buat objek vertikal satu lagi. Cara cepatnya yaitu klik objek yang dibuat pada nomor 3, kemudian tekan Ctrl+D, geser ke tempat yang pas, dan agar dia berada dibawah objek yang dibuat di nomor 6, tekanlah tombol pg dn fi keyboard anda, dan jangan lupa lagi ganti warnanya




 8. Selanjutnya saatnya membuat huruf A! yeyy.... (apasih) jadi, sebenarnya kalau cara cepatnya itu dengan cara menekan tombol ctrl+d, tetapi karna objek di huruf m sudah terlanjur saya grup, jadi terpaksa saya membuatnya sendiri, (aku rapopo mas.... eh) nah, buatlah sebuah objek yang mirip dengan objek nomor 7 tadi, dan letakkan disebelahnya tetapi jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. eh, jangan lupa ganti warnanya juga ya.


9. Klik objek no 8, kemudian tekan  ctrl+d, kemudian pada panah orange diatas buatlah dia menajdi diagonal dan atur posisinya menjadi mirip huruf A, oh iya, kecilkan sedikit ya ukurannya, agar tidak kepanjangan, kemudian, jangan lupa ganti warna juga



10. klik lagi objek nomor 8, kemudian tekan lagi ctrl+d, kemudian geser ke sebelah sana nya, nah karena dia berada diatas objek nomor 8, maka buatlah dia berada dibawahnya dengan cara klik pg dn, dan jangan lupa ganti warnanya.





11. Klik objek nomor 9, kemudia tekan ctrl+d. Kemudian, pindahkan dia ke agak ketengah bagian huruf A, berguna untuk garis tengahnya. Nah, awalnya kan posisinya dia berada di atas, jadi ubahlah agar posisinya berada di bawah dengan cara klik pg dn.


12. Untuk hasil sementaranya seperti ini gais.

 13. Langkah selanjutnya, buat sebuah objek persegi dengan sudut melengkung dan lingkaran di tengah objek tersebut di atas kata MA. Jangan lupa atur warnanya sesuka anda mana yang bagusnya saja









14. Buat tulisan nama di bawah objek MA. Atur fontnya. dan buat juga sebuah objek persegi dengan sudut lengkkung dibawah tulisan.


15. Klik menu file->export png image, kemudian akan muncul kotak dialog yang mengatur letak dokumen, pilih tempat menimpannya, atur namanya, kemudian klik export.





16. Logo nama sudah selesai.

 Kesimpulan
Menurut saya, dalam pembuata logo nama ini membutuhkan kreatifitas yang tinggi serta kepekaan tentang warna yang bagus agar warna yang digunakan bisa matching dengan mata yang melihat, dan mudah terbaca maksudnya apa.
Referensi

Sekian dari tutorial saya, semoga pembaca semua selalu diberikan kesehatan dan rezeki oleh Allah, aamiin. Semoga artikel ini juga berguna untuk pembaca semua. Terima kasih sudah membaca blog saya!

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

1 komentar: