Sabtu, 04 Agustus 2018

PERKENALAN FLAT DESIGN | APA ITU FLAT DESIGN?


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hai teman-teman pembaca blog semua! Bertemu lagi di blog saya yang apa adanya ini, kali ini, saya akan memposting tentang Apa sih itu flat design? Teman-teman sudah ada yang tau belum tentang flat design? Nah, jika belum, selamat membaca blog saya, ya!

A. Pengertian
Flat design adalah desain dengan pendekatan minimalis yang menekankan kegunaan, dengan desain yang bersih tanpa ada bevel, bayangan, tekstur, berfokus pada tipografi, warna-warna cerah dan ilustrasi dua dimensi.

B. Latar Belakang
Di masa lalu, web desainer menempatkan fokus mereka khusus untuk memamerkan keterampilan mereka dengan mengemas situs dengan ilustrasi yang mencolok dan animasi yang seharusnya memukau pengunjung mereka. Kemudian datang sebuah pergeseran kearah desain skeuomorphic, yang berusaha untuk membawa kehidupan nyata ke layar komputer kita dengan tekstur faux-realistis, menambahkan bayangan dan karakteristik objek nyata. Gaya desain ini membuat objek menjadi tampak lebih hidup. Tapi sekarang hampir semuanya sudah beralih ke tren Flat Design, yang melawan berbagai teknik desain tiruan yang mendukung kesederhanaan, estetika klasik digital. Jika anda sedang mencari bagaimana tren gaya desain yang sedang terjadi saat ini, mungkin flat design adalah jawabannya.

C. Maksud dan Tujuan
Tujuan utama dari jenis model ini adalah fokus pada fungsi/kegunaannya tetapi tetap menarik bagi user. Juga agar mudah dilihat dan dicerna oleh pembaca terhadap informasi yang dilihatnya.

D. Pembahasan
1. Sejarah Flat Design
Awalnya flat design merupakan seni terapan yang berasal dari Swiss atau Swiss Design yang diperkenalkan dan terkenal sekitar tahun 1940-1950an. Seni Desain Swiss ini memfokuskan diri dari beberapa aspek desain yaitu Grid, Typography sans-serif, dan tata letak yang bersih. Desain ini di tampilkan secara sederhana. Seiring perkembangan zaman pada tahun 1980 desain ini mengalami perubahan dan perkembangan sehingga pada tahun ini mulailah muncul Flat Desain. Flat desain mulai tampil pertama kali pada tahun 1980 ini. Sampai pada tahun 2014 mulai berkembang lebih pesat dan lebih terkenal serta banyak digunakan dalam desain desain website, poster, karakter, UI mobile, aplikasi, dan lainnya.
2. Jenis-jenis flat desgin
1) Brosur Flat Design
Brosur (Brochure) adalah lembaran kertas yang digunakan untuk menyampaikan atau emmpromosikan sebuah informasi, jasa, atau produk kepada khalayak ramai.

3) Icon Flat Design
Flat design jenis ini sangat sering kita jumpai dalam aplikasi gadget ataupun di internet. Flat design sekarang membuat icon lebih simple dengan teknik design cirikhasnya yang diterapkan pada objek icon tersebut. Membuat kita sekarang tidak sakit mata ketika melihat icon pada aplikasi maupun di internet. Bahkan tema pada handphone sekarang rata-rata iconnya menggunakan teknik flat design.
3) Karakter Flat Design
adalah jenis flat design yang sering muncul pada video animasi yang sudah dikembangan oleh animator-animator yang melihat bahwa flat design juga bisa diterapkan pada animasi dan membuat animasi itu lebih simple dan efisien sangat muda dicerna oleh pembaca terhadap informasi yang disampaikan.
4) Infographic Flat Design
Infographic flat design ini sangat jarang kita lihat dan saya sendiri melihat bahwa infographic sering digunakan pada berita-berita yang dimana menyampaikan informasi menggunakan infographics. Dan salah satu nya ada di CNN Indonesia di TV. Dan menurut saya jenis flat design ini sering dimasukkan ke dalam design CV untuk menarik pembaca termasuk salah satu faktor akan penerimaan pekerjaan terhadap CV yang kita buat.
5) Object Flat Design.

Menurut saya, jenis flat design ini adalah Flat design yang sangat dasar, yang dimana flat design ini adalah design yang dimana membuat objek yang kita buat dengan simpel dilihat layaknya flat design. Dimana object flat design yang dapat dikembangan menjadi infographic flat design, icon flat design, bahkan cv flat design.
6) CV Flat Design

CV flat design adalah jenis flat design yang sangat banyak digemari oleh designer-designer vektor, yang dimana flat design jenis ini sangat mudah untuk di inovasi maupun di variasikan ke dalam banyak tampilan design CV. Bukan hanya itu, CV yang kita terapkan kedalam flat design ini sangatlah mudah untuk ditelaah informasi pada dalam CV yang kita cantumkan kedalam CV tersebut
3. Software Pembuat Flat Design
Membuat flat design itu slit-sulit gampang, karena peletakan layout dan sudut pandang yang dimana menjadi letak suatu ciri khas dari flat design ini. Jika salah maka fatal lah akibatnya. 90% Design berjenis vektor dan pembuatannya harus dibuat dari software berbasis vektor. Berikut ini adalah software yang bagus dan sering digunakan para pembuat flat design
1) Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah salah satu software keluaran adobe, dan software ini berbasis vektor. Software ini memiliki 2 jenis yaitu CS dan CC. Software ini sering digunakan oleh professional designer. Termasuk membuat flat design yang dimana memiliki fitur dan tools yang lengkap untuk mempermudah dalam pembuatan design simpel ini. Tetapi dalam interface pada software ini kurang friendly untuk pemula jadi harus mengerti terlebih dahulu dari tampilan sampai ke fungsi tools pada software ini.
2) CorelDRAW

Corel Draw adalah software yang dibuat oleh corel untuk membuat design-design vektor dan melukis digital. Dan software ini sangat friendly untuk pemula. Dan tools yang sangat mudah dimengerti. Tetapi kelemanannya menurut saya adalah pewarnaan di software ini kalah jauh dari illustrator dalam pembuatan fllat design.
3) Inkscape
Software ini juga termasuk spftware vektor yang sering digunakan oleh designer selain dari kedua diatas tadi. Dan software ini tentunya Opensource alias gratis. Dan tentu saja kita menggunakannya secara legal. Interface software inkscape hampir mirip dengan CorelDRAW. Hanya saja CorelDRAW sangat kaya dengan tools dan fitur yang mempermudah dalam mendesign. Tetapi inkscape tidak kalah juga dalam membuat flat design apalagi pemula yang menggunakannya.
4. Kelebihan dan Kekurangan Flat Design
Kelebihan
Kekurangan
Maksimal untuk teknologi responsif web design
Mengurangi karakter suatu web, karena terlalu sederhana
Pengguna mudah memahami dan melakukan navigasi
Semua desain memiliki kemiripan
Tata letaknya terstruktur dan visual yang minimalis
Mudah bosan
Waktu loading lebih cepat
Sulit dalam menentukan kombinasi warna yang sesuai dan mudah dipahami bagi pengguna
Fokus pada struktur yang jelas dan kegunaan yang baik

5. Warna pada flat design
Dalam hal warna, flat design dapat disesuaikan dengan berbagai warna, tetapi desainer pada umumnya memilih untuk menggunakan warna yang berani dan cerah.
Apakah hal lainnya yang membuat flat design berbeda dalam hal warna? Desainer memperluas palet warna dari hanya satu atau dua warna menjadi tiga, empat atau lebih banyak lagi warna. Sebagian besar dari pilihan ini adalah warna cerah, bahkan warna yang jenuh pun kadang-kadang diatasi dengan menggunakan warna abu-abu atau hitam.
Apa yang kita lihat lebih banyak antara flat design dan warna adalah pencocokan tone dan saturasi. Pada saat desainer memilih untuk menggunakan beberapa warna, mereka sering akan mencocokkan warna yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan kombinasi warna yang sesuai
E. Kesimpulan
 ciri utama flat design yaitu, flat design adalah gambar yang dibuat sangat simple dan seminimalis mungkin, flat design tidak ada gradasi, sudut gambar flat design biasanya lancip/persegi, warna yang digunakan di dalam menggambar flat design menggunakan warna kontras/jelas, flat design tidak ditemukan adanya efek bevel, efek emboss, efek tekstur, efek 3 dimensi dan jika gambar flat design menggunakan shadow tentunya shadow jenis flat seperti long shadow yang diutamakan di dalam flat design adalah typography.
F. Referensi
http://info-menarik.net/yang-dimaksud-dengan-flat-design/
https://kelasdesain.com/apa-itu-flat-design/
https://www.ngodingoo.com/flat-design-adalah/
http://www.goesjournal.net/2017/08/penjelasan-tentang-flat-design.html
http://www.pindexain.com/apa-itu-flat-design/

Sekian dari postingan blog saya kali ini, apabila terdapat salah kata saya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar